Alexander Agung

Penulis: Stefania Stefani
Penerjemah: Nadiah Alwi
Penerbit: Gramedia Pustaka Utama
Tahun: 2008

Tebal: 80 halaman
ISBN: 978-979-22-3957-7
Beli di: bukumurmer
Harga: Rp 30 ribuan

Alexander telah menampakkan potensinya sebagai pemimpin sejak masih sangat muda. Putra Raja Macedonia ini melanjutkan keinginan ayahnya untuk menyatukan Persia dan Yunani di bawah kekuasaannya. Tetapi kemudian Alexander ‘ketagihan’ bertempur dan berhasrat menaklukkan dunia.

Untuk ukuran bacaan anak-anak, buku berukuran 29,5 cm ini relatif berat karena banyaknya data sejarah sedari awal. Tidak mengherankan bila kemasannya dibuat dengan kertas mengkilap yang tebal sehingga dapat dibaca bolak-balik supaya lebih mengerti isinya. Berbeda dengan Robin Hood yang satu seri dengan buku ini, Alexander Agung mengandung sedikit dialog. Toh ilustrasi Piero Cattaneo dan peta peperangan yang dibuat Antonio Molino cukup membantu agar proses mencerna isinya tidak menjenuhkan.

Sebelum membaca buku ini, saya tidak tahu banyak mengenai Alexander Agung [kecuali sebuah lagu rock mengenainya, Alexander the Great]. Di sini dikisahkan bagaimana Alexander muda menundukkan Bucefalus, kuda yang kemudian menjadi sahabatnya dalam setiap pertempuran. Sang raja pun sangat mengagumi Diogenes, filsuf yang membawa-bawa ‘rumahnya’. Juga ketika perilaku Alexander berubah, tak lagi sederhana dan menyejajarkan diri dengan anggota pasukannya.

Sejumlah istilah diterangkan di bagian belakang, mengingat buku ini diterjemahkan dari bahasa Italia. Buku sejarah yang dapat dijadikan referensi, terlepas dari beberapa typo di dalamnya.
Sumber foto cover:bukumurmer

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s