The Great Ghost Rescue

Judul terjemahan: Operasi Penyelamatan Hantu
Penulis: Eva Ibbotson
Penerjemah: Indah S. Pratidina
Penerbit: Gramedia Pustaka Utama 
Tebal: 192 halaman
Cetakan: I, Desember 2002
Beli di: sale Gramedia Merdeka, Bandung
Harga: Rp 10.000,00

Ketenteraman para hantu di Inggris terancam dengan adanya modernisasi. Manusia tak sudi hidup berdampingan dengan makhluk-makhluk yang bahkan tidak dipercayai keberadaannya tersebut. Pabrik, limbah, kebisingan, penebangan pohon-pohon, pembangunan hotel menggusur hantu-hantu dari tempat yang telah mereka huni ratusan tahun lamanya. Di antaranya keluarga Humphrey si Mengerikan, termasuk Bibi Hortensia dan kuda-kudanya.

Mereka singgah di asrama Sekolah Kastil Norton dan berkenalan dengan Rick yang senantiasa memikirkan kekisruhan dunia sehingga bersedia menepiskan rasa ngerinya. Sahabat Rick, Barbara, menyarankan Rick membawa rombongan hantu menghadap Perdana Menteri di London. Menurutnya, hantu mempunyai hak untuk diperhatikan sebagaimana manusia selaku warga negara.

Tidak ada hantu cantik atau tampan dalam kisah yang dipublikasikan pertama kali tahun 1975 ini. Eva Ibbotson mendeskripsikan para karakter sebagaimana mestinya, Kilt Melayang yang tanpa kaki, Bibi Hortensia yang kepalanya dipenggal, Humphrey yang diganduli bola besi berantai walau masih dianggap jauh dari menakutkan, hag yang menebarkan aneka bau busuk, sampai Winifred yang membawa-bawa mangkuk untuk mencuci noda darah.

Karakter paling mempesona bagi saya adalah para kelelawar vampir, terutama Susie. Mereka jenis hantu yang tidak berektoplasma sehingga tidak tembus pandang. Tetapi ucapan-ucapan penuh satir Susie selalu mengena di hati Rick [juga saya], misalnya ketika ia melihat sepatu Rick:
“..Pasti terbuat dari kulit. Dari kulit sapi, aku yakin. Dan kau pasti datang ke sapi itu dan berkata, ‘Permisi, Madam, apakah kau keberatan dibunuh supaya aku bisa punya sepasang sepatu?’” [hal. 70]
“Dan jika kau jadi sapi, mana yang lebih kausuka? Seisap-dua isap darah di malam hari saat kau tidur atau manusia menekan dan memerah ambingmu, mengambil semua susu yang seharusnya untuk bayi sapimu?” [hal. 72]
Kritik pedas yang berempati besar pada para hewan ini terkait erat dengan pengalaman pribadi Eva Ibbotson. Ia berhenti dari pekerjaannya sebagai ahli fisiologi lantaran tidak tahan harus melakukan percobaan pada binatang. Di samping itu, persoalan suaka hantu kemungkinan besar terinspirasi dari masa lalu Ibbotson selaku warga Yahudi yang pindah dari Jerman saat Nazi bercokol. Protes disampaikan dalam berbagai tingkatan, sehingga bahkan Rick rela memberi makan bayi Rose dengan mengisap darah di pergelangan tangannya.

Novel fantasi anak-anak yang bermuatan petualangan ini juga mengandung adegan lucu. Kala keluarga Kilt Melayang dan beberapa hantu lain dikerahkan Rick untuk mengubah pendirian Mr.Wicks yang tidak percaya hantu, anak perempuan Wicks malah menganggap Humphrey bagai mainan belaka sehingga ingin memilikinya. “Aku sudah bilang ‘Hihihi!’” kata Humphrey, melayang turun menghampiri mereka dengan perasaan malu. [hal. 100]. Saya tergelak ketika salah satu pelaku eksorsisme cegukan di sela membaca mantra karena petugas hotel keliru menyerahkan termos berisi wiski milik tamu lain, bukan yang berisi kopi. Di sinilah kepiawaian penerjemah terlihat jelas.
“Kutukan (hiks) dan Wabah (hiks) dan Lonceng dan Buku,
Usirlah jauh-jauh (hiks, hiks) para hantu,”
(hal. 170)

The Great Ghost Rescue mengajarkan banyak hal bagi orang dewasa dan anak-anak, termasuk mencintai anggota keluarga, persahabatan dan saling memaafkan. Bacaan berbobot yang mendorong saya kian tertarik pada karya-karya Eva Ibbotson lainnya.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s