Not Just A Witch (Bukan Sembarang Penyihir)

Penulis: Eva Ibbotson
Ilustrator: Kevin Hawkes
Penerjemah: Indah S. Pratidina
Penerbit: PT. Gramedia Pustaka Utama
Tebal: 224 halaman
Cetakan: I, Agustus 2003

Eva Ibbotson adalah salah satu penulis cerita anak favorit saya karena imajinasinya yang menakjubkan. Ibbotson tidak ragu menampilkan tokoh-tokoh ‘aneh’ yang tidak biasa. Mungkin dalam hal ini mirip-mirip Roald Dahl.

Ide besarnya sebenarnya biasa, kebaikan melawan kejahatan, namun cara Ibbotson menyajikannya yang tidak biasa. Kisah ini pun demikian. Sekali lagi Ibbotson memilih karakter penyihir sebagai tokoh utamanya. Heckie si penyihir hewan, serta sahabatnya Dora si penyihir batu.

Heckie bisa mengubah hewan dan manusia menjadi hewan apa pun yang dia inginkan, sementara Dora bisa mengubah hewan dan manusia menjadi patung batu. Saat menempuh pendidikan di sekolah penyihir, mereka bercita-ciita menggunakan kekuatan mereka untuk membasmi kejahatan bersama-sama. Namun pertengkaran yang terjadi saat kelulusan, membuat kedua sahabat ini terpaksa berpisah.

Di tempat mereka masing-masing, Heckie dan Dora mengubah orang-orang jahat menjadi hewan atau patung dengan cara mereka sendiri. Heckie yang lebih supel punya banyak teman di lingkungan tempat tinggalnya, yaitu beberapa penyihir lain serta tiga orang anak Daniel, Sumi, dan Joe yang membantunya meringkus para penjahat sebelum diubah Heckie menjadi hewan langka dan disumbangkan ke kebun binatang setempat. Sementara Dora yang pemalu hidup menyendiri. Namun diam-diam mereka masih saling merindukan karena mereka memang sahabat sejati. Jarak di antara mereka semakin lebar dengan kedatangan seorang lelaki jahat yang mengadu domba mereka. Mampukan Heckie dan Dora memberi pelajaran pada si lelaki jahat dan memperbaiki persahabatan mereka?

Beberapa gambaran yang dibuat Ibbotson kerap membuat saya tertawa. Misalnya tentang Frieda si penyihir tanaman yang harus selalu dipangkas karena setiap kali dia menggaruk bagian tubuhnya, tunas tanaman langsung tumbuh di situ. Dan favorit saya adalah balon terbang ciptaan Boris si penyihir mekanik, yang bisa terbang dengan bahan bakar omong kosong para politisi!

Satu hal yang membuat karya Ibbotson istimewa, di balik imajinasi dan humor yang tak pernah kering, dia selalu menyisipkan pesan-pesan moral bagi para pembaca. Dalam buku ini Ibbotson mengajak pembacanya untuk menyayangi binatang dan tidak memburu binatang langka. Meski cuma sekilas, Ibbotson juga menyinggung tentang kejahatan suatu kelompok yang meneror penduduk Inggris yang bukan keturunan ras kulit putih. Sebuah ajakan untuk menghargai berbagai perbedaan di sekitar kita.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s