Persahabatan Boneka Jerami dan Jack

Judul Buku      : The Scarecrow and His Servant (Si Boneka Jerami dan Pelayannya)
Penulis             : Philip Pullman
Alih bahasa     : Dibyareswari U.P.
Editor              : Wulan Kusumawardhani & Meilia
Penerbit           : PT Gramedia Pustaka Utama
Kategori          : Novel Anak – Terjemahan – Fiksi – Fantasi
Mr Pandolfo tua, memutuskan untuk membuat sebuah boneka jerami yang bagus. Kepala boneka jerami tersebut terbuat dari lobak padat, sapu kokoh sebagai tulang belakang, jerami, dan memakaikannya setelan wol tua. Dia juga menyelipkan sepucuk surat pendek di dalam kepala si boneka jerami. Kemudian, boneka jerami tersebut ditancapkan di tengah ladang gandum.   
Suatu malam, saat hujan badai, dan petir melanda, si boneka jerami pun hidup. Ia terbenam di ladang berlumpur. Seorang anak laki-laki bernama Jack, menolongnya. Mereka kemudian berkenalan. Si boneka jerami meminta Jack menjadi pelayannya, yang bertugas menemaninya berkeliling dunia, dan mengurus segala keperluannya. Jack yang sebatang kara dan tidak mempunyai tempat tujuan, setuju dengan usul si boneka jerami.
Bersama Jack, pelayannya, si boneka jerami bermaksud kembali ke Spring Valley, daerah miliknya. Dalam perjalanan, mereka mengalami berbagai peristiwa. Baik yang menyenangkan maupun menyedihkan.
Secara keseluruhan buku ini sangat menghibur. Terjemahan yang bagus dan rapi membuat buku ini enak dibaca. Tata bahasanya mudah dipahami.
Buku ini juga menyertakan nilai-nilai moral dalam ceritanya. Dari tokoh si Boneka Jerami, meski terkesan bodoh, namun sosok yang berani, jujur dan penolong. Sementara Jack, adalah orang yang setia, jujur, dan melindungi. Tak hanya anak-anak, buku layak juga dibaca orang dewasa, terutama orangtua untuk dibacakan kepada putra putrinya sebagai cerita pengantar tidur.
Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s