Berpetualang Bersama Persekutuan Misterius Benedict

Judul asli: The Mysterious Benedict Society
Penulis: Trenton Lee Stewart
Penerjemah: Maria Lubis
Ilustrasi dan desain cover: Ella Elviana
Penerbit: Matahati
Tebal: 574 halaman
Cetakan: I, Februari 2009

undefined 
Apakah Persekutuan Misterius Benedict itu?
Sebuah tim yang terdiri dari empat orang anak berbakat. Reynie Muldoon yang didukung oleh Miss Perumal – guru di panti asuhannya, Kate Weatherall yang selalu membawa-bawa ember berisi aneka barang yang memang bermanfaat dalam banyak situasi, Sticky Washington yang sangat cerdas namun penggugup dan Constance Contraire yang sangat mungil namun selalu marah jika Kate memanggilnya Connie Mungil. Mereka disatukan oleh Mr. Benedict, seorang pria jenius yang mengidap narcolepsy dan dibantu dua asistennya: Rhonda Kazembe dan Nomer Dua.

Karakter manakah yang paling unik?
Semuanya eksentrik. Rhonda dengan kemunculannya yang ternyata memengaruhi keberhasilan keempat anak tadi. Nomer Dua yang tak pernah tidur dan karenanya selalu butuh makan. Mr. Benedict sendiri juga ‘antik’, karena selalu gampang tidur sekejap jika larut dalam emosi –biasanya karena tertawa. Ketika satu tim dipertemukan, mereka berbenturan dengan pembawaan masing-masing. Reynie yang menonjol dan cocok menjadi pemimpin, Sticky yang ternyata menyimpan kesedihan terkait orangtuanya sendiri, Kate yang berani menantang apa saja dan selalu tersenyum dalam kondisi apa pun, dan Constance yang entah mengapa memakan habis kesabaran banyak orang.

Apa yang harus dilakukan tim ini? Tampaknya mereka menyelidiki sesuatu *melirik cover*.
Reynie dan kawan-kawan diutus Mr. Benedict ke Institut L.I.V.E yang dipimpin oleh Mr.Curtain. Pria ini menyusun siasat jahat untuk menjadikan anak-anak pengirim pesan melalui efek subliminal, tidak lagi menggunakan televisi atau media lainnya. Rincian rencana Curtain dapat disimak dalam bab-bab pertengahan buku ini.

Kelihatannya novel ini sangat tebal. Cocokkah dibaca anak-anak?
Ya, minimal pra-remaja. Ceritanya sangat padat dan membutuhkan kesabaran serta ketelitian, karena satu sama lain terkait erat. Tetapi intinya, ini bukan kisah fantasi. Lebih cocok disebut cerita petualangan bernuansa sains.

Agar tidak melelahkan, adakah unsur-unsur yang menyenangkan di dalamnya?
Tentu saja. Ketika ketegangan memuncak, ketika tim mulai putus asa, ketika mereka mencari cara untuk menangani aneka situasi tanpa petunjuk selalu timbul kelucuan. Belum lagi konflik antar mereka sendiri. Ilustrasinya cukup berperan mengendorkan syaraf pembaca. Kejutan istimewa adalah kekuatan cerita novel ini.

Kalau begitu, ini bacaan yang tak layak dilewatkan.
Bisa dikatakan demikian. Trenton Lee Stewart adalah pengajar penulisan kreatif dan jelas menguasai ilmu tersebut. Novel ini telah meraih E.B. White Read Aloud Award for Older Readers pada tahun 2008. Juga merupakan bestseller versi New York Times dan Publishers Weekly.

Advertisements

One Comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s