Winn-Dixie, Simbol Persahabatan

Judul 
:   Because of Winn-Dixie; Karena Winn-Dixie
Penulis
:    Kate DiCamillo
Penerjemah 
:    Diniarty Pandia
Penerbit 
:  Gramedia Pustaka Utama
Tahun
: 2004


Tebal
:  176 Halaman 
ISBN
:  9792210644

 

Winn-Dixie adalah seekor anjing yang ditemukan Opal tengah beraksi di dapur sebuah toserba. Gadis cilik itu menamainya sesuai nama toserba tersebut dan membawanya pulang. Meskipun tempat tinggal mereka terbilang sederhana, Opal lega sebab ayahnya – sang pendeta – tidak melarangnya memelihara anjing itu.

Teman Opal yang lain adalah Miss Franny, pustakawati. Ia memupuk minat baca gadis cilik itu dan tidak keberatan Winn-Dixie masuk walaupun sebenarnya peraturan melarang. Kemudian, Opal bertandang ke rumah Gloria yang kerap disebut penyihir oleh dua kakak-beradik Stevie dan Dunlap. Ia menceritakan banyak hal dari ‘dunia luar’ sebab Gloria jarang sekali meninggalkan kediamannya. Bagian ini agak mengingatkan pada Miles dan sahabat tuanya di novel Highest Tide.
Dalam plot yang sederhana namun lancar, Kate DiCamillo memaparkan kisah anak-anak yang enak dinikmati. Betapa kemudian Opal belajar memahami orang lain dan menepis prasangkanya terhadap Amanda yang ketus, tidak berpraduga pada Stevie dan Dunlap, juga membuka cakrawala baru untuk Gloria. Karakter lain yang cukup berkontribusi dalam kemenarikan novel ini ialah Otis, penjaga Toko Binatang Gertrude yang dijauhi masyarakat karena kabarnya pernah masuk penjara. Klimaks yang cukup membuyarkan bendungan airmata terjadi saat Opal mengkonfrontir ayahnya tentang kepergian ibunya, yang memang tidak tahan menjadi istri pendeta dan hidup dalam kebersahajaan.

Because of Winn-Dixie menyajikan dunia anak-anak yang tidak senantiasa ceria, tidak menyangkut permainan semata, tetapi mencakup segi-segi lain yang mendewasakan mereka. Tidak mengherankan jika novel ini meraih Newberry Honor Book.

Advertisements

2 Comments

    1. Mbak Enggar, saya lupa, nemu tidak sengaja di obralan di mal atau sale toko online langganan.
      Mungkin Mbak bisa cari di toko online juga.

      Reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s