Flavia, Kamu di Mana?

mizan.com

Judul: Selamatkan Flavia! Misteri Hilangnya Maskot Sekolah

Penulis: Tria Ayu K.

Penerbit: DAR! Mizan, 2010

Tebal: 108 halaman

Saya terus mengatakan kepada Ayu bahwa karya terbaiknya di fiksi anak, tanpa memandang sebelah mata bukunya yang lain, adalah Jejak Putih di Tanah Basah dan Trio Ucul yang amat menghibur. Di sini, saya menemukan keistimewaan Ayu lagi dalam bercerita.

1. Riset mendalam. Tidak mudah menyelami karakter anak lelaki, sebagai ‘bonus’ terjun ke cerita yang berjenjang-jenjang generasinya (baca: menulis buku anak).

2. Misteri bukan berarti hantu dan yang seram-seram. Bukan pula sampai terlalu berat dan ‘khayali’ tingkat tinggi, sehingga menghilangkan unsur serunya.

3. Ayu mengambil sosok tikus sebagai maskot yang dikisahkan hilang. Saya masih geli melihat tikus, walaupun tidak seheboh Jaka yang sampai lari masuk kamar mandi dan stres berat. Apakah Ayu tidak takut tikus? Mari kita tanyakan.

Novel anak ini sangat rapi, dengan bahasa yang tertata dan enak dibaca, tidak melupakan pengetahuan walau secara intrinsik dalam cerita (semisal informasi fenomena pigmen yang membuat warna mata berbeda). Dengan kekhasannya, Ayu menulis tanpa berusaha berkiblat ke Barat dalam arti masih mengindonesia, lebur dalam karakter di sekolah internasional yang dijadikan latar hingga kadang saya lupa bahwa ini cerita anak SD, dan terbukti bisa dinikmati oleh orang dewasa.

Advertisements

2 Comments

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s