Berkah Anak Jalanan

Rindu Purnama versi KKPK

Judul: Rindu Purnama

Penulis: Ayunda Nisa Chaira 

Penerbit : Dar! Mizan

ISBN : 978-979-066-564-4

Sinopsis :

Rindu seorang anak jalanan.  Dia biasa mengamen di salah satu sudut Kota Jakarta bersama teman-temannya: Slamet, Andi, Farhan, dan si kecil Akbar.

Suatu hari, Rindu dan teman-temannya mengamen. Tiba-tiba, pasukan kamtib datang menangkap mereka. Dia pun segera melarikan diri. Begitu pula dengan teman-temannya. Namun, sebuah mobil melaju sangat kencang ketika dia menyeberangi jalan. Dia pun pingsan dan langsung dibawa pergi di pemilik mobil.

—–

Ayunda Nisa Chaira, atau akrab dipanggil Yunda, adalah salah seorang penulis anak yang produktif. Di tahun 2009 dan 2010, ia mendapat gelar penulis anak terproduktif dari Penerbit Mizan. Rindu Purnama adalah buku kesebelasnya.

Ayunda menulis sejak tahun 2008, dan sejalan dengan perkembangan karier penulisannya, tulisan-tulisan Ayunda semakin enak dinikmati. Seperti tulisannya di novel Rindu Purnama.

Buku KKPK ini diadaptasi dari skenario film Rindu Purnama. Tetapi tidak semua cerita yang ada di film Rindu Purnama, terdapat di buku ini. Selain KKPK, ada juga novel Rindu Purnama yang ditulis oleh Tasaro GK dan A Fuadi dan diterbitkan oleh Penerbit Bentang.

Meski sama-sama berdasarkan skenario film dan berjudul sama, namun di bagian tengah dan akhir cerita, kedua buku itu berbeda.

Membaca Rindu Purnama versi KKPK ini, lumayan menyenangkan. Untuk kategori penulis anak, Ayunda piawai menuangkan skenario ke dalam kalimat bertutur yang asyik dan renyah. Jalan ceritanya tidak membosankan, membuat penasaran untuk membacanya sampai tamat.

Karena buku ini versi anak-anak, jangan berharap ada kisah percintaan yang berujung pada pernikahan di buku ini. Bahkan, intrik persaingan bisnis pun tak ada. Buku ini lebih berkisah tentang kehidupan anak jalanan, yang dibumbui dengan pengalaman ala detektif cilik.

Kebetulan, sebelum membaca buku ini, saya sudah menonton film Rindu Purnama dan membaca novel versi Tasaro dan A. Fuadi, dan tak menyangka kalau Ayunda mampu menciptakan sendiri jalan cerita untuk tulisannya.

Pangsa pasar buku ini adalah anak-anak usia 7 hingga 12 tahun, maka bahasa yang digunakan Ayunda adalah bahasa ringan, yang sehari-hari digunakan anak-anak.  Untuk anak-anak pecinta KKPK, Ayunda memang penulis favorit. Tak heran, KKPK Rindu Purnama ini pun banyak dibeli pembaca cilik. Dan, jangan heran kalau mereka, pembaca cilik itu, mampu menyelesaikan buku Rindu Purnama ini dalam waktu setengah jam! Menarik bukan?

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s