Cerita Sederhana dengan Pesan Tak Sederhana

Penulis: Tria Ayu Kusumawardhani

Penerbit: Gema Insani, 2006

Tebal: 104 halaman

Seperti biasa, goresan khas Tria Ayu yang memancarkan kehidupan kelas menengah ke bawah terpancar kuat sejak membaca cerpen pertama. Beberapa cerpen kentara bernilai Islami, namun tidak menggurui sama sekali.

Sungguh banyak yang bisa digali dari anak-anak yang tidak beruntung untuk mengingatkan kita bersyukur. Sebut saja dalam cerpen Oseng-oseng Kol dari Sahabat (hal. 19) yang menurut saya paling spesial dari keseluruhan karya Ayu di buku ini. Mengapa? Penuturannya sangat jujur, Tommy tidak digambarkan serta-merta menyukai oseng-oseng kol padahal ia terbiasa hidup mewah dengan segala fasilitas. Logika yang jauh dari simsalabim ini menjadikan cerpen tersebut gemilang.

Ending yang mengandung pelajaran sekaligus tak terduga adalah kepiawaian Ayu lainnya. Walau sempat digiring untuk ‘berprasangka’, misalnya ketakutan dan tegang disertai rasa bersalah Samiun yang menggoda Mak Saodah sehingga penjual sayur itu terjatuh. Teladan ditebarkan tidak hanya oleh orang dewasa sehingga tak menjemukan, ada pula karakter anak-anak yang patut dicontoh. Seperti kata Keling dan Marni, dua tokoh di buku ini, hidup akan terasa ringan bila tidak pernah mengeluh. Bagaimanapun pasti ada yang lebih ‘sengsara’ dibandingkan kita.

Saya juga sangat suka cerpen Nek…Lampir? dengan penutup yang ‘membuka’ perangai menulis Ayu yang kocak. Secara keseluruhan, kendati sudah lama terbitnya, buku ini bermanfaat untuk orang dewasa selain menghibur dan cocok dibaca sebagai teman bersantai segala umur.

Rating: 4,5/5

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s