Kisah Peri Cilik Pendatang Baru

goodreads.com

Judul: The Fairy Chronicles: Marigold dan Bulu Harapan, Perjalanan Dimulai

Penulis: J.H. Sweet

Ilustrator: Tara Larsen Chang

Penerjemah: Nafta S. Meika, Stela April

Penerbit: KidsClassic, 2010

Tebal: 102 halaman

Keterangan: covernya versi bahasa Inggris, tapi sama persis

Saya membeli buku ini ketika menemukannya di Rumah Buku (alhamdulillah ada yang tidak diplastiki) lantaran bagian dalamnya berwarna. Dalam segi itu, saya mungkin ‘kekanak-kanakan’, namun tidak dimungkiri saya suka buku bergambar dan warna-warna yang digunakan ilustratornya tidak menyakitkan mata. Selain itu, saya pernah membeli beberapa buku terbitan Kids Classic (penerbit edisi terjemahannya) dan suka.

Sesuai dugaan, meski terhimpun dalam Fairy Chronicles, buku ini bisa dibaca terpisah. Saya butuh dua hari membaca buku yang relatif ringan ini dikarenakan otak sedang mogok (tidak bisa ngebut) ditambah pembiasaan dengan cerita berbau peri berikut peristilahannya. Memang saya perlu waktu untuk menghimpun imajinasi ketika membaca kisah di negeri antah berantah, kendati tokoh utama peri di buku ini adalah anak ‘biasa’ juga.

Saya jadi tahu bahwa marigold dalam bahasa Indonesia adalah bunga kenikir dan thistle adalah bunga biduri. Novel ini pun dilengkapi semacam penjelasan singkat di belakangnya, antara lain mengenai tumbuhan pussy willow disertai foto. Ada pula kisah-kisah foto menghebohkan yang memuat peri puluhan tahun lalu dan menjadi sejenis daya tarik pariwisata.

Suka dunia peri? Mari bertandang ke web ini atau situs penulisnya. J.H. Sweet yang menggemari puisi bahkan mencantumkan moto seputar dunia peri.
Kalau saja penyuntingannya lebih cermat, buku ini akan saya beri 4 bintang. Beberapa kata asing belum dicetak miring dan kata willow tidak diterjemahkan menjadi ‘dedalu’.

Seperti biasa, saya kesulitan menghafal nama dan perlu beberapa lama menatap gambar untuk memahami sosok gremlin. Namun yang saya senangi, ada karakter berwibawa bernama Madam Toad. Jadi bukan hanya burung hantu yang bisa bijaksana:)

Skor: 3/5

Leave a Reply

