Mencicipi Dongeng dari Negeri Persia

goodreads.com

Judul: Dongeng Dunia Princess: Princess Nadeera

Penulis: Dina Y. Sulaeman

Penerbit: DAR! Mizan, 2011

Tebal: 164 halaman

 

Jujur saja, buku yang termasuk seri Dongeng Dunia Princess ini sudah mencorong di mata saya karena cukup jarang fiksi anak yang mengangkat kisah-kisah dari Persia. Penulis lebih sering berkiprah di genre bacaan dewasa, seperti Pelangi di Persia-nya yang sangat menarik dan kini dikemas ulang menjadi buku traveling ‘murni’ itu, sehingga Princess Nadeera ini bertambah mengundang rasa ingin tahu saya.

Seperti buku lain dalam seri yang sama, yang terhidang adalah kumpulan cerita. Setiap cerita mengetengahkan seorang princess. Supaya pembaca (tanpa memandang usia) tidak bingung, penulis yang menggunakan suara narator ‘aku’ ini menyertakan daftar nama tokoh. Satu sama lain dirangkum dalam benang merah yakni belajar dalam bimbingan Mehri Khanum, kemudian diterbangkan ke berbagai tempat oleh permadani biru untuk mempelajari sesuatu. Umumnya mengenai kebijakan dan kematangan menghadapi masalah, yang disampaikan sangat implisit sehingga jauh dari menggurui.

Yang menjadikan buku ini mengasyikkan ialah tebaran syair-syair bermuatan mutiara hikmah, sebagian besar dari Rumi. Menurut saya, relatif tidak biasa dalam bacaan anak sekaligus merupakan inovasi menyegarkan yang mengangkat kekhasan Persia dengan pernak-pernik budayanya. Berikut salah satu contoh:

Jika engkau menggali lubang

Untuk menjerumuskan orang ke dalamnya

Engkau sendiri yang akan terperosok ke sana (hal. 60)

Aroma dongeng kian terasa dengan adanya sosok Ahriman, iblis dalam kepercayaan Persia kuno. Banyak hal yang menjadikan buku ini kian menawan, seperti penyisipan arti nama para princess yang tidak mengusik jalan cerita dan istilah-istilah Persia semisal burung chifchaf, sufreh haft sin, sal-e tahwil. Apa sajakah maknanya? Silakan baca sendiri:)

Skor: 4/5

 

Advertisements

3 Comments

  1. insyaAllah sudah waktu memungkinkan buku tersebut merupakan prioritas untuk dibaca, terima kasih buku kirimannya Teh Dina……(tersanjung berat!!) dikirim langsung ke tangan-nya Bunda.

    Reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s