Gara-gara Kangenipus Indiahe Bangetipus

Judul: Misteri Badut Singa

Penulis: Tria Ayu K.

Penerbit: DAR! Mizan, 2010

Tebal: 132 halaman

mizan.com

Pertama-tama, novel ini dibuka dengan alinea yang ‘mengundang’ terus membuka halaman.

Ketika membaca nama Vikas sebagai siswa India yang tengah rindu tanah air, saya tersenyum-senyum menerka. Saya yakin nama itu dijumput dari pengarang kenamaan yang dijumpai penulis novel ini di sebuah ajang kepenulisan tingkat internasional di Bali pada suatu tahun. Pilihan yang kian tepat bagi saya untuk membacanya, sebagai salah satu penggemar India walau tidak mengikuti perkembangan Bollywood dan hafal lagu-lagunya secara ‘fanatik’.

Mengingat buku ini mengandung kata ‘misteri’ dalam judul, boleh jadi kita mengira Vikas terpukau pada perhiasan mengilap sang guru dengan motif tertentu. Di situlah kepiawaian penulis terlihat. Ia meriset dengan baik dan saksama, yang tentu sangat penting berhubung latar lokasi salah satu buku Seri Jaka dan Sembung ini adalah sekolah internasional beserta aneka karakter murid dari berbagai budaya.

Jika mencari-cari celah untuk ber-haha hihi heboh, saya rasa tidak bisa ditemukan di buku ini. Penulis tengah menyuguhkan sesuatu yang berbeda, meski tidak bisa divonis ‘superserius’. Ia menyisipkan relevansi judul dan inti misteri secara induktif, sementara pembaca diajak bersenang-senang menyimak cerita yang riang dan mayoritas bertokohkan anak lelaki, yang relatif langka diangkat dalam fiksi anak. Toh saya masih geli ketika guru seni musik memberi pengarahan nada dengan “suap…suap…”

Kutipan favorit:

“Kamu tidak perlu menjadi atlet lari jika kamu tidak ingin, dan kamu pun tidak harus menang karena menang tidak selalu menjadi tujuan utama. Ini tentang membangun mentalmu agar lebih yakin dan percaya pada dirimu sendiri.” (hal. 27)

Skor: 4/5

Advertisements

2 Comments

  1. Seminggu yang lalu mencari buku ini di Gramedia Bintaro, sudah tidak ada. Stok nol. Insya allah mau hunting lagi. Nice review. Tfs ^_^

    Reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s