Kompilasi Dongeng Klasik

Kumpulan Dongeng Indah

 

Judul: Kumpulan Dongeng Indah

Penulis: Adrienne Segur

Penerjemah: A. Tati Bambang Haryo

Penerbit: Gramedia Pustaka Utama

Tebal: 128 halaman

Cetakan: ke-4, April 1994

 

Selalu ada pergeseran ketika membaca buku semasa kanak-kanak dan sudah dewasa (secara usia). Ternyata di buku ini ada cerita yang menyebut-nyebut ‘kaki dipotong’. Tapi mengapa saya waktu kecil tidak ngilu dan tetap menikmatinya ya?

Barangkali otak orang dewasa masa sekarang sudah terkontaminasi banyak kekhawatiran serta melebarnya konotasi ‘kekerasan’. Rasanya membaca buku ini sewaktu SD tidak menjadikan saya pelaku vandalisme apalagi pengen potong kaki orang. Ya, itu kerut kening saya pribadi saja barangkali. Buktinya orangtua saya tidak keberatan dulu.

Gambarnya tentu saja semua sangat indah. Detail, rapi, membuat saya betah menatap berlama-lama. Beberapa di antara ceritanya adalah karya HC Andersen, seperti Kisah Sebelas Angsa Liar (Putri Elisa) yang pernah saya baca di Gadis Korek Api. Ternyata versi sadurannya pun memang panjang.

Masih seputar gambar, pada ilustrasi kucing raksasa di kisah Kisa, Kucing yang Mempesona (hal. 39), saya merasa seram juga melihat Putri Ingrid dipeluk kucing sedemikian besar.

Cerita favorit saya adalah Kura-kura Urashima.

2 Comments

  1. Mbak, maaf mungkin pertanyaan saya agak menyimpang.
    Kira2 dimana saya bisa memperoleh/membeli buku ini?
    Saya baca buku ini dulu waktu saya masih SD, sekarang saya ingin punya untuk si kecil 🙂
    Mohon dibantu info.

    Salam
    Bundanya Malika

    Reply

    1. Mbak, saya beli di Halamanmoeka.com dan kondisinya seken:)
      Mungkin bisa dicari di toko online lain sebab owner Halamanmoeka sedang cuti melahirkan.
      Semoga bisa menemukannya, ya:)

      Reply

Leave a Reply

