Memilih Hadiah Buku Anak

… mau tak mau harus berdiskusi dengan orangtuanya, alias kulonuwun. Semasa kecil, saya nyaris tidak di-filter oleh orangtua dan memang tidak perlu. Belanja buku selalu dengan Bapak, toko buku masih sedikit. Paling kadang-kadang saja saya iseng membaca buku-buku sepupu yang sudah remaja atau ke rental. Tidak pernah dimarahi, tapi diperbolehkan bertanya apa saja kalau tidak mengerti. Hanya sekali kecolongan, komik Islam yang mencontohkan dosa-dosa secara gamblang, termasuk zina.

Harus diakui, minat baca anak sekarang lumayan memprihatinkan. Tapi saya tak akan mengulang-ngulang menyalahkan yang sudah sering dikambinghitamkan seperti TV dan perkembangan teknologi yang luar biasa pesat (nah, disebut juga kan?). Saya hendak bercerita ihwal permintaan kakak tersayang untuk mencarikan hadiah ultah berupa buku bagi sulungnya, Furqon, yang akan menginjak usia 3 tahun bulan depan.

Beberapa bulan ke belakang, saya pernah mengiriminya satu paket hardcover buku bergambar yang dibonusi boneka harimau. Bukan untuk Furqon saja, tapi juga untuk Syifa, adiknya yang berselisih satu tahun sehingga kadang ‘diklaim’ kembar. Tentu dengan harapan mereka akur, meski saya sendiri sangsi mengingat pengalaman dengan adik sewaktu kecil dulu:D

Kali ini upaya mencarikan buku yang cocok lebih memusingkan. Apa pasal? Di toko langganan, kebanyakan bukunya ‘berat’. Pindah ke toko lain, saya dan Mas Agus menjelajahi rak demi rak sampai berlutut mengobrak-abrik yang tak diplastiki. Kami berusaha mencari boardbook, sebab Furqon (dan Syifa, pasti ikutan) sedang sangat aktif dan bisa-bisa merobek halaman buku karena terlalu bersemangat.

Kami juga mencari yang teksnya sedikit, lebih banyak gambar timbul yang mengajak beraktivitas dan mudah dimengerti. Kedua orangtua Furqon bekerja dan hanya memiliki sedikit waktu untuk membacakan cerita, katakanlah saat akhir pekan dan menjelang tidur. Jadi perlu buku yang bisa digunakan bermain pula.

Ini bukan hal mudah, tapi akhirnya kami temukan juga tiga buku yang cocok setelah lebih dari satu jam.

Advertisements

2 Comments

    1. Maaf Mbak, saya lupa karena sudah dibungkus erat siap dipaketkan:D Yang jelas, satunya terbitan Erlangga for Kids. Dua lagi penerbitnya sama, satu tentang bagian-bagian rumah dan pentingnya menjaga kebersihan.

      Reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s