Serba-serbi Bacaan 2011

Ternyata tidak banyak yang bisa saya bicarakan dalam postingan ini, karena angkanya cukup mengenaskan. Dari total 250 buku yang saya baca sepanjang 2011 (sampai postingan ini diketik), hanya 34 bergenre bacaan anak. Mayoritas terjemahan, relatif tipis dan didominasi gambar.

Apakah karena ‘tersedot’ pekerjaan? Dalam penerjemahan, hanya dua buku anak yang mampir ke meja saya dan itu pun kategori republish. Genrenya spesifik, buku anak Islam. Editan saya, Rebecca of Sunnybrook Farm, terbit tahun ini namun tergolong bacaan segala umur. Editan lainnya yang merupakan fiksi lokal adalah Gaun Pesta Peri Cinta karya Sheila Asila. Kumcer ceria buah pena anak-anak, membuat saya makin paham mengapa pembaca anak begitu menggemari karya penulis seusia mereka.

Kembali ke yang saya baca tahun ini, rata-rata memperoleh bintang 4. Ini menggembirakan. Artinya, kendati relatif sedikit, buku yang saya konsumsi bagus-bagus. Bulan Desember inilah akhirnya saya membaca Harry Potter dan menuntaskannya:D

Jika melirik rak to-read, buku anak tidak ‘tersisih’ dari daftar belanja. Namun saya belum tahu apakah Gossamer-nya Lois Lowry bisa dikategorikan bacaan anak ‘murni’ atau ternyata lebih cocok disebut Young Adult book.

Leave a Reply

