Tentang Balas Budi dan Kelembutan

paperbackswap.com

Judul: The Lion and the Mouse; The Wind and the Sun – Aesop’s Fables

Penerbit: Modern Publishing, 1995

Tebal: 24 halaman

 

Sumber gambar

Dongeng Aesop termasuk yang tidak lekang dimakan zaman. Sederhana, mengambil personifikasi hewan (fabel) atau ciptaan Tuhan lainnya yang ada di bumi ini. Meski bahasa Inggrisnya relatif simpel, saya masih menemukan kesulitan pada anak-anak usia SD yang membacanya di wilayah saya. Tentu ada aspek khusus yang perlu dicermati.

Di setiap akhir kisah, ada pesan moralnya. Saya pribadi menambahkan hal berbeda. Untuk singa dan tikus, misalnya, saya rasa pesan moral lainnya adalah ‘Yang kuat pun membutuhkan yang tampak lemah. Ukuran badan bukan masalah’. Sedangkan angin dan matahari salah strategi serta tidak mengenali karakternya sendiri. Yang disebut kelembutan adalah ‘panas’ ternyata, dan yang dingin yakni tiupan angin rupanya bisa menjadi kekuatan/kekerasan.

Satu hal lagi yang saya perhatikan dari buku ini: nama penyusun/penulis ulang tidak dicantumkan. Bagaimana jika itu diberlakukan di Indonesia, ya?:)

 

Leave a Reply

