Teka-teki di Sana, Teka-teki di Sini

Judul: Rahasia Rumah Reyot, Kumpulan Cerpen Anak Misteri

Penulis: Para Penulis Blogfam Dot Com

Tebal: 165 halaman

Cetakan: I, Juni 2011

Penerbit: Talikata Publishing

Seperti apakah cerita misteri untuk konsumsi anak? Bolehkah mendirikan bulu roma, sejauh mana ketegangan yang boleh dibangun? Atau harus berbau detektif karena pada dasarnya anak-anak memiliki rasa ingin tahu yang sangat tinggi? Itulah salah satu alasan saya membaca buku ini.

Dengan adanya sebelas cerita, saya berharap memperoleh sebelas suguhan berbeda. Cerita perdana menunjukkan bahwa misteri bisa didasarkan pada sesuatu yang hilang, membangkitkan hasrat memecahkan teka-teki pada diri anak, dan seperti cerpen-cerpen yang menyusul, objeknya bisa ringan saja. Toh, dalam kehidupan orang dewasa pun, kehilangan sesuatu yang berulang kali dan sebenarnya akibat keteledoran (dengan dalih lupa) dapat berakibat fatal serta kerap terjadi sehingga lambat laun dianggap wajar.

Ada yang kehilangan wig, kehilangan benda penting untuk keperluan sekolah, dan beberapa cerpen hampir senada mengangkat hilang uang. Aneka penyebab bisa memicu, sekalipun yang ringan dan menggelikan. Ada juga yang dengan serius memperlihatkan bahaya yang dapat menimpa orang banyak sehingga harus dihentikan.

Dengan ilustrasi yang memikat, kumpulan cerpen ini dapat menjadi pembelajaran bersama untuk langkah dasar menulis cerita misteri anak. Gaya bertutur yang variatif, pembukaan dan pemilihan akhir kisah yang kadang menunjukkan pengaruh bacaan tertentu juga menjadi daya tarik tersendiri bagi saya.

Sumber cover: blog Mbak Shinta Handini

Skor: 3/5

Advertisements

One Comment

  1. Thank you untuk ulasannya, Rin :). Jadi pingin ngobrol sehubungan dengan paragraf terakhir di atas. Pingin ngebahas. Hehe.

    Reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s