Ramuan Misteri dan Cinta Lingkungan Hidup

Judul: Misteri Beringin Tua

Penulis: Tria Ayu K.

Penyunting: Ridwan Fauzi

Penerbit: DAR! Mizan

Tebal: 124 halaman

 

Sejujurnya, membaca kisah beringin tua yang tumbuh di sekolah internasional tempat dua sahabat Jaka dan Sembung menuntut ilmu ini membuat saya teringat karya Ayu lainnya, Manusia Serigala Pun Menonton Bulan. Seperti buku itu, tampak kemahiran Ayu memainkan kelokan plot yang bernuansa misteri sehingga tetap pas untuk konsumsi anak-anak.

Beringin memang identik dengan elemen mistik. Tapi benturan konflik sesungguhnya adalah kabar bahwa pohon tua tersebut akan ditebang karena ditengarai bisa tumbang sewaktu-waktu dan berisiko mencelakakan orang lewat. Hal itu membuat berang Chantal, murid asal Prancis, yang dikenal amat gigih menggalakkan prinsip ramah lingkungan dan penghijauan bumi.

Menariknya, cerita ini dipadukan dengan unsur humor dari kedatangan guru “bohongan” yang sebenarnya seorang selebritas. Adegan sorot kamera, presentasi yang apa adanya, kegagapan guru tersebut menghadapi pertanyaan mendetail murid-murid, mengundang geli. Saya jadi ingat tayangan televisi sejenis, kendati Ayu mendudukkan secara bijak dengan komentar salah satu murid, “Ya, namanya juga bukan guru betulan.”

Kehidupan sekolah yang riang, bahu-membahu, menjadikan novel misteri ini tetap menghibur dan enak dibaca. Saya paling suka klimaksnya, benar-benar tidak terduga:)

Skor: 3,5/5

Cover dari eureka book house

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s