Bertualang Tanpa Berkerut Kening

nitacandra.multiply.com

Penulis: Nita Candra

Editor: D. Liana

Ilustrator: Inner Child Studio

Penerbit: Tiga Ananda, 2012

Tebal: 64 halaman

 

Saya pernah membaca, idealnya untuk memudahkan anak-anak menyerap cerita apalagi baru berkenalan dengan novel, hendaknya penulis menggunakan nama karakter yang bersuku kata dua saja. Itulah yang diterapkan penulis First Novel ini, konsep yang diperuntukkan anak-anak usia 8 tahun guna berkenalan dengan novel sebelum membaca buku-buku yang lebih tebal lagi.

Barangkali karena penulisnya berkecimpung di dunia penerjemahan dan penyuntingan (buku terjemahan termasuk di dalamnya), nuansa itu terasa dalam pemilihan nama. Kat si kucing, misalnya, mengingatkan pada cat. Kakek Dean, Malda dan Geo, Hammy Hamster, dan Nino sang tokoh sentral sendiri. Namun tidak mengherankan sebab fenomenanya kini, anak-anak pun lebih akrab dengan buku terjemahan atau bahkan buku berbahasa asing sehingga pemilihan nama di atas sama sekali bukan masalah guna menikmati novel yang mengalir ringan ini.

Unsur permainan yang lucu khas kanak-kanak tecermin dari ketidakakuran Hammy dan Kat. Saya pribadi masih heran melihat kucing sampai dikandangkan dan dibawa ke sana-kemari oleh keponakan, dan dalam novel petualangan ini, sempat memiliki sangkaan lain. Penulis cerdik memberikan argumen yang tidak berbelit-belit, tidak “merendahkan” pemahaman anak, tetapi relatif dapat dicerna anak di kelompok usia bidikan bukunya dan harapan saya, sebagian besar anak di mana pun berada. Jadilah petualangan yang tetap seperti bermain sekaligus edukatif.

Omong-omong, saya senyum-senyum membaca perihal Nino yang nekat membawa hamster karena bosan di kelas. Seusianya, saya menggambari kertas apa saja supaya tidak ngantuk. Bosan memang bukan “mutlak” milik anak-anak, ketika sudah lebih besar saya nekat makan es krim di bangku belakang kelas.

Salut karena ilustrasi yang dibuat penulis untuk sampel dan panduan ilustrator ada yang ikut hadir di salah satu halaman. Mengenai cover, komentar saya satu saja: Kat kelihatan bete:D

Secara keseluruhan, Misi Penyelamatan Kat adalah novel anak yang ceria. Kat perlu diselamatkan dari apa? Silakan Anda baca sendiri:)

Skor: 3/5

 

Advertisements

2 Comments

  1. Rini, thanks banget sudah review yaa.
    Iya, wajah kucing persia memang bete gitu deh, hihi. Lucu ya. Dan memang Kat sebel ‘kali disuruh anteng pose buat cover, sementara Hammy cengar-cengir di bahu Nino. Gak tahan pengen ngubeer 😛

    Reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s