Arthur dan Suku Minimoy

wisata-buku.com

Penulis: Luc Besson

Penerjemah: Mutia Dharma

Penerbit: Qanita, 2007

Tebal: 260 halaman

Arthur hanya tahu bahwa neneknya merindukan sang kakek, Archibald. Kehadiran cucu menjadi penting dalam keseharian sang nenek sebab Arthur pergi tanpa jejak. Tak ada impresi buruk tertinggal. Tak ada penudingan akan tanggung jawab atau janji. Sang nenek terus menghidupkan rasa kagum Arthur pada karya-karya Archibald, meski pada akhirnya harus melepaskan benda-benda penuh kenangan demi bertahan hidup.

 

Melalui salah satu ‘peninggalan’ Archibald pula, Arthur mengenal Suku Minimoy. Sekelompok makhluk bertubuh sangat mungil yang merupakan penyeimbang kehadiran suku  Bogo-Matassalai. Tanpa disadarinya, Arthur menaruh ketertarikan khusus pada Putri Selenia. Ia tak menduga sama sekali akan bertemu dengan sosok menawan itu ketika berusaha mencari jalan keluar dan menyelamatkan rumah neneknya yang akan disita Davido.

 

Meski sangat bernuansa anak-anak, novel yang telah dibesut ke layar lebar oleh penulisnya ini mengalirkan hawa fantasi yang tidak terlampau gemerlap. Pembaca diajak berimajinasi tentang menciutnya tubuh Arthur tanpa kehilangan jembatan dengan dunia manusia. Manisnya hubungan Arthur dengan sang nenek, terlepas dari kesedihannya berjauhan dengan orangtua pun tak kalah memikat.

 

Alih bahasa yang digarap Mutia Dharma menjadikan Arthur dan Suku Minimoy semakin sedap dibaca. Meski sebagai buku sekuel, akhir yang membutuhkan sambungan sangat kentara, novel yang penuh narasi ini tetap cocok untuk anak-anak dan dewasa yang tidak begitu menggemari fantasi sekalipun.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s