Tuan Lokomotif dan Dongeng-dongeng Lain

Renny-TuanLokomotif

Penulis : Renny Yaniar
Ilustrasi : Suwandi Affandi
Warna : Aria Nindita
Desain : Heri Cahyadi
Penerbit : Pustakan Riang
Tebal : 64 halaman
Kategori : Buku Cerita Anak/Dongeng

Tahun 2008

Renny Yaniar, adalah nama yang terkenal sebagai penulis cerita anak. Namanya merupakan jaminan mutu untuk cerita-cerita yang ditulisnya. Sampai saat ini ia sudah menulis sekitar 275 cerita berupa cerpen, dongeng, cergam dan komik. Semua itu dimuat di Majalah Bobo, Ananda, Suara Pembangunan, Bocil, Mombi, dan Kompas Anak.  Pada Juni 2002, salah satu bukunya yang berjudul Lautan Susu Coklat, meraih juara pertama Adikarya IKAPI untuk kategori cerita anak.

Meski sudah terkenal sebagai penulis produktif, Renny Yaniar tidak ragu-ragu untuk memberikan buku gratis bagi anak Indonesia. Setelah buku cerita anak “Perjalanan Para Lobster”, buku yang tidak diperjual belikan di toko adalah Tuan Lokomotif dan dongeng-dongeng lain.

Buku ini memuat 5 dongeng yang isi ceritanya sangat menarik, seperti Tuan Lokomotif, Penjual Buah dan Wanita Tua, Pak Arief dan Pak Abu, Lula Ular Penyabar, dan Tujuh Lembar Daun Ajaib.

Meski ceritanya sederhana dengan gaya bahasa yang mudah dicerna, namun setiap cerita mengandung pesan-pesan moral. Seperti misalnya cerita yang berjudul Tuan Lokomotif, berkisah tentang seorang Pangeran Kianta dari Negeri Bila-Bila, yang gemar merokok yang mengakibatkan dirinya dijauhi rakyatnya, wajahnya tak tampan lagi, dan kesehatannya terganggu. Atau cerita tentang penjual buah bernama Lingga yang karena bersikap sombong terhadap pembelinya membuat dagangannya tidak laku. Pesan moral yang disampaikan disini adalah, jika kita bersikap tidak peduli terhadap orang lain maka akan merugikan diri sendiri.

Buku yang ditujukan kepada anak-anak ini, bisa juga dibaca oleh pembaca dewasa, terutama bagi pembaca dewasa yang telah memiliki anak, karena dengan membacakan cerita-cerita anak ini bisa mendekatkan hubungan antara orang tua dengan anaknya. Selain itu, di halaman terakhir buku cerita ini, Renny Yaniar memberikan tips menulis cerita. Asyik kan?

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s