Kisah Keluarga Pembuat Roti Ajaib

Judul: Bliss

Penulis: Kathryn Littlewood

Penerjemah: Nadia Mirzha

Editor: Lulu Fitri Rahman

Tebal: 312 halaman

Penerbit: Noura Books, 2012

Untuk ukuran perbukuan Indonesia, novel ini masuk kategori bacaan remaja. Namun di mancanegara, Bliss tergolong buku anak-anak.

Saya tidak terlalu memperhatikan kue dan produksinya karena sangat awam dalam hal itu. Katakan saja, saya tidak mampu membedakan jenis-jenisnya. Sewaktu suami berkutat di bisnis bakery kecil pun, saya tak pernah ikut campur dan hanya tahu kerumitan prosesnya, antara lain roti setengah jadi yang kejatuhan rambut harus langsung disingkirkan. Tetapi bukan berarti kue-kue di sini tidak menggiurkan. Daya tariknya adalah khasiat ajaib di dalamnya, yang membuat Rose sang karakter sentral penasaran.

Rose-lah pemikat utama cerita Bliss bagi saya. Anak kedua, mulai puber, dan “tergencet” karisma abangnya yang disukai gadis-gadis. Memegang rahasia selagi orangtuanya pergi sungguh berat untuk anak seusia Rose. Ia sangat ingin kecipratan ilmu orangtuanya, dan harus memerangi firasat tak enak ketika kedatangan Lily, yang mengaku bibinya. Tampaknya Ty, abang Rose, memang sangat menawan. Namun saya tak bisa tidak geli karena ia terus-menerus mengulang mi hermana.

Daya khayal saya guna menyelami cerita terbantu oleh kehadiran pustakawan yang memegang genre-genre berbeda. Sungguh keren:D Ketika Rose dan saudara-saudaranya mencoba-coba resep kue ajaib, mulai dari yang membuat semua orang berbicara terus terang sampai membalikkan keadaan, saya terkekeh-kekeh. Seru sekali tatkala Leigh berbicara terbalik, saya merasa sedang main teka-teki.

Apakah novel ini hanya mengajak senang-senang? Tentu tidak. Saya paling suka salah satu kalimat (lupa di halaman berapa), yang menyatakan bahwa seorang anak perlu diberi kepercayaan dan tanggung jawab.

Skor: 3/5

Leave a Reply

