Berkenalan dengan Anak Hewan Berbulu

Judul: Mon imagier des bébés animaux

Penulis: Catherine Jousselme dkk

Penerbit: Nathan, 2010

Tebal: 10 halaman, boardbook

Bahasa: Prancis

Banyak hal yang perlu diperkenalkan langsung (dengan praktik) kepada anak-anak. Atau minimal, mendekati aslinya. Melihat keluarga ayam di cover buku ini, saya teringat keponakan semasa SD yang menangis ketika saya menggoreng telur di dekatnya. Salah saya sendiri memang, melihat telur dengan dua kuning, berkata, “Ini kalau hidup, jadi kembar siam ayam mungkin.” Dia merengek minta diurungkan menggoreng, walaupun sudah lapar. Panjanglah usaha saya menjelaskan bahwa kalau diangkat pun mereka tetap mati, dan lain-lain, dan lain-lain.

Saya juga teringat memberikan buku serupa pada keponakan balita. Ia tinggal di perkotaan dan karena satu serta lain hal, sangat jarang melihat alam bebas. Melihat pohon singkong di sebelah rumah kami yang masih petak-petak, dikira kuburan. Ayam mungkin pernah lihat satu-dua kali, karena kawasan tempat tinggalnya tak memungkinkan untuk itu.

Buku ini dilengkapi ilustrasi berbulu “timbul”, khusus anak-anak binatangnya. Ada kucing, sapi, keledai, ayam, dan domba. Jujur saja, setelah membaca ini, saya baru tahu kotek ayam versi Prancis adalah cot, cot, cot :))

Skor: 4/5

Leave a Reply

