Down Syndrome dalam Keluarga

Judul: Putri Langitnesia

Penulis: Tria Ayu

Tebal: 124 halaman

Penerbit: Al-Kautsar Kids, 2012

Sewaktu hendak membaca novel ini, tak ayal saya lamat-lamat memperhatikan tulisan di depannya. Kalimat yang syahdu dan relatif “tidak biasa” untuk cerita anak.

Saya termasuk “beruntung” karena sudah tahu down syndrome (lupa dulu apa sebutannya) ketika masih kecil. Di zaman yang disebut modern ini, tak pelak saya dihinggapi pertanyaan akan aneka ragam nama dan jenis penyakit. Mengapa begitu mengerikan dan serbapanjang? Tak adakah nama yang mudah diingat dan tidak terlalu seram? Pikir saya, barangkali karena konotasi menakutkan itulah para penyandang penyakit tertentu merasa pesimis dan acap kali dikucilkan masyarakat. Tapi tentu saja, itu keheranan iseng saya.

Putri Langitnesia memang bukan dongeng atau fantasi, melainkan kisah seorang gadis cilik penderita down syndrome. Penulis cukup jeli menuturkannya dari sudut pandang anggota keluarga terdekat penyandang sindrom itu, yakni adik laki-lakinya. Tergambar jelas bahwa penanganan dan perawatan membutuhkan kerja sama semua pihak, khususnya keluarga inti. Tidak lupa pengertian, yang sangat penting sekaligus butuh perjuangan untuk ditanamkan. Kalau bukan keluarga sendiri yang mau peduli, siapa lagi?

Terus terang, saya tidak begitu memperhatikan khayalan Andhika ketika melarikan diri dari kenyataan. Kecemburuan antarsaudara lazim terjadi, dan penyebabnya kali ini agak lain. Malah saya teringat film My Sister’s Keeper, ketika sang penderita kanker merasa bersalah karena orangtuanya sampai tidak sempat memberikan perhatian khusus pada adik laki-lakinya yang mengidap dyslexia.

Putri Langitnesia membuktikan bahwa masa kanak-kanak tidak bisa dilabeli stigma “selalu ceria tanpa masalah”. Dan ini yang paling mengetuk perasaan saya,

“Cara terbaik untuk mencintai kalian adalah dengan tidak berada di sini.”

(hal. 106)

Skor: 3,5/5

Leave a Reply

