Ipul Mengatasi Fobia

Judul: Trio Ucul dan Teror Kancing

Penulis: Tria Ayu K.

Penerbit: DAR! Mizan, 2005

Ilustrator: Nonoy

Tebal: 116 halaman

Saya pernah membaca dan mendengar bahwa menulis misteri untuk anak-anak harus dibuat seringan mungkin. Misteri tak selalu berarti menjadi detektif yang “serius”, memecahkan teka-teki berbau penangkapan maling, dan semacamnya. Berkenalan dengan seri Trio Ucul membuat saya makin paham akan adanya “misteri” yang unik-unik di dunia anak.

Mungkin nama-namanya sangat lokal dan sederhana, tapi di situlah kekuatan dan kekhasan penulis. Tanpa memandang sebelah mata pada karyanya yang bernapas lain, kearifan lokal adalah kelebihan Tria Ayu. Selain itu, ia mampu menghadirkan cerita yang bertokohutamakan anak laki-laki secara logis dan natural. Apa penyebabnya, silakan tanyakan langsung pada sang penulis.

Banyak orang sedari usia belia punya fobia, yang kerap disalahartikan dengan alergi. Biasanya akibat trauma sangat personal dan tidak boleh ditertawakan atau disengajakan/ditakut-takuti. Satu orang bisa mengidap beberapa jenis fobia sekaligus. Tidak mengherankan bila ada yang fobia kerupuk, peniti, atau kancing seperti Ipul dalam novel ini. Tentu saja jadi repot, karena aktivitas Ibu di rumah berkaitan dengan kancing dan kawan-kawannya.

Bab yang paling membuat saya tergelak-gelak adalah Segitiga Sama Kaki. Seandainya memungkinkan, jika saya jadi Ipul, bahkan sekarang pun, bisa keliru mengartikan frasa tersebut dan benar-benar menggambar dengan kaki. Sewaktu membaca bab Hypnotherapy pun, dengan sukses saya terlelap di ujung bab. Kalau susah tidur, saya akan baca bab itu lagi deh:D

Yang menambah seru, ada Buku Saku Kancing segala. Di samping sejarah kancing yang baru saya ketahui (dan sebagian tidak ingat), saya terpingkal-pingkal lagi membaca ini:

Kancing tidak menggigit, tidak pedas, dan tidak mengaum.

Buku yang menghibur dan menyenangkan buat saya:)

Skor: 4/5

Leave a Reply

