Markas Besar Alcatraz

 

Penulis: Tjiptaningrum

Editor: Nur Laili M.

Penerbit: Tiga Kelana, 2010

Tebal: viii + 200 halaman

Buku yang berlabel “novel inspiratif anak” ini beraroma petualangan, tapi bukan mengisahkan misteri seperti judulnya. Yang disebut Markas Besar Alcatraz adalah suatu tempat berupa gudang. Milik siapa dan mengapa disebut demikian, silakan Anda baca bukunya langsung:)

Penulis menghadirkan lima anak yang bersahabat akrab. Latar belakang etnis mereka berlainan, otomatis perilaku pun begitu. Sepanjang buku, saya tersenyum-senyum menikmati polah anak yang begitu natural ditambah kuatnya muatan lokal. Salah satu yang cukup unik adalah karakter anak berdarah biru dan tinggal di keraton.

Ada unsur cerita yang relatif tidak baru, yakni mengenai penggiatan membaca. Pilihan itu cukup dipahami karena adakalanya suatu hal yang “klise” perlu diulang-ulang sampai tertanam. Seperti nasihat yang diucapkan untuk mengingatkan diri sendiri di waktu sedih atau buntu.

Penuturan cerita mengalir, kadang-kadang terasa seperti kumpulan cerita yang dirangkai menjadi novel. Seandainya benar, “siasat” itu tak masalah bagi saya yang penyuka kumcer. Di suatu buku panduan menulis, saya pernah membaca bahwa teknik ini disarankan untuk penulis yang perlu menyambung napas untuk menghimpun novel. Di lain pihak, ini membantu pembaca anak yang terkadang “malas” membaca buku relatif tebal.

Karakter favorit saya di novel ini? Mbah Wiryo:)

Skor: 4/5

Advertisements

One Comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s