It’s Not The End of the World

Penulis: Judy Blume

Penerbit: Bradbury Press Inc., 1972

Tebal: 112 halaman

 

Ini kali pertama saya membaca novel karya Judy Blume yang mengangkat tema sedih. Cerita anak memang sebaiknya tidak “alergi” kisah sedih, supaya lebih realistis. Sesuai pengakuannya di web, ketika menulis novel ini, rumah tangga sang pengarang sedang diterpa masalah.

Di sini sudut pandang yang digunakan adalah seorang gadis cilik, Karen. Dia anak tengah berkakak lelaki dan beradik perempuan. Cerita dibuka dengan pertengkaran orangtua dan sinyal-sinyal kegentingan. Terasa lambat alurnya, barangkali karena penulis berupaya “memperkenalkan” peristiwa bernama perceraian sedetail mungkin namun tetap sederhana.

Kesederhanaan itu terlihat dari penyebab perpisahan orangtua Karen. Tidak ada orang ketiga, tidak ada kasus parah semisal mabuk-mabukan atau kesulitan ekonomi. Mungkin ini usaha Judy Blume agar anak-anak mengerti, walaupun sukar, bahwa suami-istri kadang tak bisa bertahan dalam kebersamaan tapi tetap mampu menjadi orangtua yang baik. Tidak dimungkiri, ada efeknya. Karen malu bila perpisahan orangtuanya diketahui teman atau guru, cukup wajar menilik tahun terbit buku ini. Tanpa bermaksud menganggap remeh, sebagaimana judul novel, perceraian harus dianggap “biasa”. Yang penting menjalani hidup setelahnya agar tidak tersendat “bencana”.

Tiga karakter Karen bersaudara mewakili reaksi dan dampak perpisahan orangtua pada anak. Yang sulung sudah mengerti beberapa aspek, contohnya bahwa ayah berkewajiban memberi tunjangan rutin. Si tengah mencari tahu dari teman yang bernasib sama sehingga menjauh dari teman lain yang dianggapnya tidak bisa memahami keadaan. Si bungsu masih kecil dan bingung.

Novel It’s Not the End of the World cukup memberi gambaran akan perubahan hidup setelah orangtua berpisah sekaligus rumitnya perceraian secara keseluruhan.

Skor: 3,5/5

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s