10 histoires fantastiques

Penulis: Christian Oster dkk

Tebal: 192 halaman, boardbook

Penerbit: Fleurus, 2010

Bahasa: Prancis

 

Saya menerjemahkan buku ini, jadi mengulas ceritanya saja dari sudut pandang pembaca. Versi terjemahannya tidak berupa boardbook seperti yang asli, kemungkinan besar karena pertimbangan harga.

Sesuai judulnya, fantasi dalam buku ini menghadirkan 10 kisah bertokohkan kurcaci, peri, unicorn, naga, dan beberapa hewan. Ceritanya singkat-singkat namun sangat variatif, mengingat di negeri asalnya diperuntukkan usia 3-6 tahun. Ada juga yang mencantumkan untuk 6 sampai 8 tahun, saya sendiri lupa apa yang tertera di bahannya ketika menerjemahkan dulu.

Menariknya, setiap cerita dilengkapi hasta karya dengan langkah-langkah detail. Jadi pembaca tidak hanya membayangkan karakter dalam dongeng, bisa juga mengingatnya kembali dengan tiruan yang dibuat sendiri. Ada pula teka-teki dan puisi pendek. Di kisah Zebo si Zebra dan kurcaci, tampak jelas bahwa pengarang hendak mengajari pembaca anak kosakata tertentu.

Yang paling saya sukai adalah kisah peri-peri yang digambarkan menganggur. Bila tidak ada kegiatan, rentan sekali kita dihinggapi pikiran iseng atau nakal yang bukan cuma tidak berguna, tapi juga membahayakan orang lain. Terhapuslah citra umum bahwa peri pasti manis dan menyenangkan.

Raksasa berjanggut pun menarik, meskipun ada unsur sadis lantaran raksasa makan anak-anak. Tapi namanya juga dongeng:))

Skor: 4/5

Advertisements

3 Comments

  1. selamat malam bu, saya ingin bertanya,buku dongen ini bisa di dapat di toko mana? atau tersedia ebook nya tidak ya bu? terimakasih

    Reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s